Friday, January 12, 2018

Hidup ku di Karawang

Hi mau menyampaikan aja cerita-cerita semasa gue coass di rsud krw. Wah gue dapet dua stase yaitu stase bedah dan tht untuk saat ini sih itu. Awalnya pas tau gue dapet di krw gue kaya shock gitu, soalnya jauh dari keluarga kan' belum lagi kaya gue ga familiar sama rumah sakitnya. 
Untungnya pas stase bedah ada temen deket yaitu nabila, kalo ga ada bila gue udah kaya mati kutu gitu deh disini. Semenjak gue pindah disini seminggu pertama gue ga betah banget disini panas, panas banget terus ga ada ac-nya gitu rumah sakitnya wkwkw. kebiasaan di budhi asih kan dingin banget ya, disini masya allah deh. Kalo di BA gue bisa pake bedak gitu sama lipstik ya masih tahan dan ok gitu ya. Kalo di krw gue ga pernah bedakan sama sekali gegara pasti keringetan kalo lagi follow-up sama visite wkwkw. Pas udah dijalanin disini seru banget, jaga malem pertama langsung dapet pasien kll (kecelakaan lalu lintas) yang gue jujur banget baru pertama kali liat, aa-nya juga bilang jarang nih yang kaya gini kll-nya, jadi dapet kasus vulnus amputatum kakinya putus dari bagian 1/3 femur kebawah, wah darah dimana-mana untung gue pake sendal jepit doang. Jadi dia kejadiannya ditabrak sama mobil tronton gitu, laki-laki dan belum nikah. Akhirnya karna kondisinya jelek yang pertama dilakuin resusitasi cairan, jalan nafas. gue sebagai koass melakukan tugas koass yaitu ngebersihin lukanya pake Nacl, terus jahit situasional. Disitu beneran deh gue ngeri banget bawa mobil jadinya, btw itu kejadiannya jam tiga pagi. Setiap minggu distase bedah gue rotasi terus, awal-awal dapet orthopedi hehe ketemu sama dokter alam, wkwk nih dokter galak-kocak-dan lagi dalam program diet. Udah gitu di bedah umum ada dokter syam, baik banget sama anak koas terus gue seneng banget sama doi wkwk gemesin dah orangnya. dokter ade, dokter yudi dan dokter wuri juga baik-baik tapi ada yang moody juga wkwkw. Oh iya gue inget banget pas ujian stase bedah gue dapet dokter urologi hehe namanya dr-h dia sesuatu gitu tapi alhamdulillah gue lulus sih sama dia, dia kocak sih sebenernya tapi gue jujur takut sih sama dia. Kalo dokter uro yang lain namanya dr rajasa dia baik banget sih dan asik. Seneng bgt gue sama stase bedah, dapet jahit pasien banyak kasus menarik-menarik.

Lanjut ya kemudian setelah 5/10 minggu kan pengumuman stase, kalo di Trisakti ga ada jadwal fix gitu jadi lo akan deg-degan terus soalnya lo gatau dapet dimana. Nah gue dapet forensik! di undip karena gue belum siap jadinya gue tuker deh sama temen gue di THT KRW. Dan gue bisa bilang gue ga nyesel sama sekali, such a best decision i've made in 2017. Kalo di bedah gue seneng di THT gue sayang banget, beneran deh sayang kata yang tepat menggambarkan perasaan gue wkwkw lebay ya?. Disini gue ada dua dokter, dokter bima dan dokter aditya. Dua-duanya masih muda dan baik! pas gue dapet tht lagi ada kejadian KLB difteri, kebayang dong tiap hari gue liatnya pasien suspek difteri. Jujur gue takut wkwk soalnya difteri gampang banget nular, sampe akhirnya dokternya ngeresepin kita eritromisin buat profilaksis sebelum di vaksin. soalnya waktu itu vaksin terbatas buat dokter sama perawatnya aja belum bisa buat koass. Tiap hari pake baju astronout wkwk pas masuk ke bangsal, terus gue foto si pasienya buat liat pseudomembranya. 
Terus udah selesai visit, nanti ada tracheostomy gue jadi asop-nya jujur serem sih, kasian juga tapi seru juga.  Yang lakuin tracheostomy dr adit udah gitu pasienya gede banget sih jadinya tebel banget itu lemaknya. Alhamdulillah lancar. tujuan tracheostomy pada pasienya buat bronkial toilet sih. Gue juga jadi asop tonsilektomi, ya walaupun cuma jadi yang megang suction. Operasinya menurut gue tricky banget sih, lapang pandang sempit, jadi asisten juga lebih susah dibanding jadi asisten operasi kaya HIL.
Kalo di Poli gue jadi dokter beneran, sebelum pasien ketemu dokter yang aslinya yaitu dokter bima dan dokter adit, pasien biasanya diperiksa dan ditanya-tanya dl sama kita. Udah gitu baru deh boleh masuk, dicek sama konsulen bener ga dugaan diagnosis kita atau pf-nya wkwk. Gue pernah nulis Membran timpani perforasi terus dokter bima bilang perforasi dari mana itu intak kali sotau banget kamu, wkwkw jleb. itu dokter satu ganteng sih, tapi kalo udah lagi keluar seriusnya kaya gitu. Suka becanda juga kalo kita lagi nervous tuh pas ujian atau lagi apa, dia ngajak bercanda. Tapi kalo udah lagi moodnya jelek ya gitu yaaa. Tapi asli deh ini dokter tsundere gitu tipenya. I luv doi banget. 
Dokter adit ini ya beneran dokter yang kaya temen gitu haha, dia sama koass itu suka cerita-cerita pas dia masih koas, kocak sumpah. Kalo ngasih tutorial gitu baik, ngasih pelajaran. Kalo kelewat pasienya atau gue pernah telat, well 2x sih telat apa lebih ya haha dia ga marah sama sekali, gila kan mana ada konsulen yang kaya gitu ya' jarang bgt. Baik banget deh yakin gue semua anak koas bilang dia terbaik, tersayang, tergemes dll. Ya bener banget deh baik banget tapi ya pas ujian nanya-nya itu kemana-mana sangat amat "waw".  
Ya karena gue udah lima minggu di THT akhirnya gue berpisah juga sama mereka nih, yakin sih gue kangen banget sama mereka, sama stasenya yang enak banget, sama karawang resinda,kcp dll.  ini aja gue packing dan nulis ini sambil cry :( . Ya semoga aja dokter adit dan dokter bima inget sama kelompok gue ya hahaha. Makasih ya dokter :)

with dokter Bima

Ricky-Alex-Ka Lingling -Me-Ka Edwin

Bu Sulis & Teh Ida

Sweet 17th Dokter Adit!!