Friday, November 4, 2016

Modul Capek yang buat bersyukur :)


Hi! mau cerita tentang modul baru yang diterapkan di fk usakti, baru banget dirasain sama angkatan 13 FK usakti, Modul Komprehensif namanya. Apasih modul kompre itu? menurut gue ya modul kompre itu modul yang sitemnya kaya kerja lapangan. Kenapa gue bilang kerja lapangan ya emang gitu kenyataannya kita ga belajar di kampus melainkan di daerah cengkareng khususnya RW13, modul ini lamanya lima minggu. di modul ini kita dibagi perkelompok besar, dan dalam kelompok besar ada 3 kelompok kecil. di masing-masing minggu kita dibagi dalam 3 aspek kedokteran yaitu kedokteran keluarga, geriatri dan kesehatan kerja. Setiap minggunya kita akan di rolling jadi semuanya dapet tiga bidang tadi. Untuk kedokteran keluarga dibagi lagi gitu obstetrik, anak, mata, kulit dll.
Untuk minggu pertama gue dapet kedokteran keluarga dengan topiknya obstetrik sosial, disini gue harus observasi satu keluarga dimana si ibu alias pasiennya lagi hamil trisemester terakhir, seru sih sebenernya modul ini, pas praktek jadi tahu rasanya komunikasi sama pasien di lapangan gimana. Cara komunikasi susah banget ternyata, beda banget rasanya sama yang diajarin di kampus. Untuk pasien gue bu dini sih gampang ya dia orangnya sangat amat supel, ga malu kalo ditanya pinter juga pengetahuannya. Coba kalo pasiennya temen gue, dia nikah umur 12 tahun jadinya kalo ditanya atau diajak ngobrol susah banget nyambungnya, sekolah pun cuma sampe SD jadi kalo nanya dia harus pelan-pelan dan jelas banget kaya ngomong sama anak sd. Ada lagi ya temen gue yang ibunya lagi hamil anak ke-17 bayangin setiap tahun itu ibu hamil. 
Keluarga Ibu Dini + temen2 gue
Dari modul ini banyak banget aspek yang bikin gue bersyukur sama hidup gue, rumahnya ibu dini itu nyatu sama warung sama tempat dia taro telor-telor ayam, bau? iya bau ayam banget. Gang disana sempit banget serius deh bau got bau segala macem ada. Tapi bu dini masih bersyukur banget dalam hidupnya, jujur dalam hati gue ga sanggup kalo harus hidup di tempatnya bu dini, terus gue mikir kok bisa ya bu dini masih bisa bersyukur kaya gitu. sampe gue liat kondisi si ibu yg hamil ke-17 lebih sempit rumahnya dari bu dini terus yaudah gue speechless. Ngeliat rumah gue, mobil, hp uang jajan, uang kost yang literally lebih dari cukup tapi gue masih ngerasa kurang kurang dan kurang. 
Modul ini tuh baik banget menurut gue walaupun capek dan nguras uang di ongkos. Tapi gue ketemu banyak orang. Udah gitu setiap kelompok besar kan ditemenin sama Ibu Kader ya, ternyata keadaan ibu kader gue aka bu Marmi ga sebaik yang gue pikir juga. Dia tinggal sama adeknya dan anaknya penghasilan dia cuma dateng dari jumantik (berantas nyamuk gt) sebulan lima ratus ribu. lima ratus ribu yang biasanya kalo kita makan di kafe + nonton + ongkos udah habis dalam hitungan jam, dia pake buat biayain anaknya sebulan. Amazing banget ya? gue malah kemarin buang - buang uang beli makanan terus gue buang makananya karna ga suka. 
Pabrik bordir : In frame Halimah (20th)
Sekarang gue juga masuk ke minggu ke dua terus gue dapet kesehatan kerja, di pabrik bordir. Di pabrik ini ya termasuk kondisinya lumayan ok menurut gue karna ada AC jadi gue adem, tipikal vina yang mikirin dirinya sendiri alias egois. Tapi kondisi pekerjanya engga se adem ac-nya disini, gue miris sih pas ngeliat  yang kerja seumuran gue semua bahkan ada yang lebih muda dari gue, mereka cuma sekolah sampe smp dan sma paling tinggi. Sedihnya ya mereka kerja dari jam delapan pagi sampe malem, dan ada shift malemnya juga. Mereka cuma libur kalo malam minggu dan tanggal merah. Terus ya di pabrik bordir itu mesin-nya berisik banget dan udah lewat dari batas bising menurut tenaga kerja, ya intinya mereka bisa budek kalo terus-terusan terpapar. Tapi ga ada tuh mereka dikasil alat pelindung telinga dari perusahaan, pas ditanya , ada keluhan ga? mereka bilangnya udah biasa. Mereka dapet tempat tinggal sih tp satu kamar berlima! gue tanya ke mereka, ga sempit ka? terus mereka bilang engga kok kan pas aku tidur yang lainnya kerja (sambil senyum-senyum). Kamar mandi cuma satu dan dicampur cowo-cewe. Gajinya sehari lima puluh ribu, yang setelah gue tahu gue kaget banget. 
Bagus ya modulnya walaupun tiap hari capek. Tau sih gue harusnya gue gaboleh capek soalnya ada yang lebih capek dari gue, tp gue tetep ngerasa capek dan gue malu sih sejujurnya. Tapi gue ngerasa lebih bersyukur aja tiap hari diingetin sama modul ini kalo hidup gue is more than enough, kerjaan cuma belajar bikin laporan sama denger lagu.
Intinya guys ketika lo ngerasa ga bersyukur atau lo sebel sama ortu lo yang ga ngasih apa yang lo mau, atau ketika uang jajan lo terasa kurang inget aja beneran ada yang lebih ga mampu dari pada lo. Kata Lihat ke bawah untuk bersyukur itu beneran. Semoga post ini bisa buat kita jadi pribadi yang lebih baik lagi ya temen-temen. Bye!