Friday, March 24, 2017

Perpanjang paspor di imigrasi Depok

Paspor yang lama (Hijau Tua)  VS yang baru (Mint)
Jadi gini paspor gue mati, terus gue mau buat paspor lagi setelah gue searching di web sekarang itu udah bisa buat paspor secara online, tapi emang dasar rada apes server online gabisa dibuka sejak tanggal 27 januari 2017 sampai sekarang belum bisa beroprasi lagi si paspor onlen. Nah dari itu akhirnya yaudah gue coba buat paspor sendiri aja dengan datang ke kantor imigrasi depok, sekarang gue mau cerita gimana perjuangan gue buat paspor sendiri tanpa bantuan calo guys! Pertama nih lo harus kuat iman dan kuat fisik dulu sebelum lanjut baca postingan gue ini.


Apa aja sih syarat perpanjang paspor/buat baru. Lo butuh fotokopi ini semua
1. KTP (bilang sama mas fotkopnya jangan dipotong biarin aja dlm kertas panjang A4)
2. Kartu keluarga 
3. Akte/ijazah/kartu nikah
4. Paspor lama *buat yg udh pernah punya paspor
5. Pulpen HITAM GENG BAWA!
6. Materai 6000

Semua yang lo udah fotokopi tetep harus lo bawa yang asli buat di cek nanti di loketnya. Udah lo siapin aja tempatnya, sampe sana lo minta formulir sama pak satpam. udah dapet formulirnya lo antri dah tuh sampe jam 08:00 pas pak satpam yang kumisnya kaya pa raden, yg galaknya naudzubilah ngasih lo pass id. Sekedar saran aja ya guys di imigrasi depok dibatesin satu hari cuma bisa 200 pemohon, jadi kalo lo dateng udah 200 ya kelar idup lo balik besok lagi haha. Gue waktu itu dateng dari rumah jam enam kurang, sampe sana jam set tujuh kayanya gue dapet nomor 121. Terus pas nemenin kaka gue, gue dateng jam lima pagi terus kaka gue dapet nomor 87. Intinya sih lo harus dateng dari pagi. Udah dapet pass id lo nanti antri lagi buat cek berkas, nanti yang syarat-syarat tadi di cek sama ibu imigrasi yang mirip bu atut gubernur banten itu. gue di cek berkas jam sepuluh pagi lah. bla bla bla abis dicek lo harus nunggu lagi buat di wawancara dan difoto. Ini gue kepotong istirahat, jadinya gue baru dipanggil jam dua siang dan selesai deh, nanti dikasih kuitansi gitu lo bisa bayar paspor di bank mana aja deh. Kalo udah dibayar paspornya jadi sekitar 3-4harian. 

Sebenernya menurut gue buat paspor itu mudah banget tapi ya itu semua orang pada mau buat paspor jadi lo kudu sabar dateng pagi, oh iya disana juga ada tempat foto kopi kok tapi ya mahal, sekali jepret 500. Terus ya udah gabisa buat paspor diwakilin soalnya ini sehari gt langsung kelar, biasanya kan kalo dulu cek berkas sama wawancara foto beda. Tapi ya ini pengalaman banget sih buat gue, soalnya paspor gue yang dulu itu pake calo haha. Salut sih buat imigrasi udah enak fasilitasnya ya tapi tolong deh itu server online dibenerin, lama juga ya pak udah dua bulan enggak bener-bener. Udah itu aja kalo ada yang mau tanya boleh di komen aja :)